Skip to main content

Mata sering lelah ketika mengerjakan tugas pake laptop?? ini tips sederhana mengatasinya.


Assalamu’alaikum.. apa kabar?? Semoga sobat blogger selalu di berikan kesehatan oleh Allah swt.  aamiin..


Bagi anak jaman sekarang, merupakan hal yang biasa dalam menatap layar laptop/komputer, dari mulai anak SD, SMP, SMA, hampir semua menggunakan/menatap layar laptop/komputer. Baik itu untuk bermain game, mengerjakan tugas, ataupun browsing untuk sekedar mencari pengetahuan di internet.


Kebutuhan dalam menggunakan laptop setiap manusia berbed-beda, anak SD berbeda dengan anak SMP, anak SMP berbeda dengan anak SMA, dan anak SMA berbeda dengan anak kuliahan. Bagi anak SD, mungkin menggunakan laptop hanya untuk sekedar bermain game. Atau sekedar belajar menggunakannya. Bagi anak SMP, penggunaan laptop untuk pendidikan tingkat intensitasnya masing sangat minim, yaa paling seminggu sekali atau seminggu 2 kali laah. Ya kan?? Hayo ngaku?? Kemudian anak SMA, pada tahapan ini intensitas penggunaan laptop untuk pendidikan sudah mulai meningkat. Baik itu untuk mengerjakan tugas, mengembangkan potensi diri, dll. Sampai ketika di dunia perkuliahan, penggunaan laptop untuk dunia pendidikan menjadi sangat tinggi, hampir setiap hari bertatap muka dengan laptop. Baik itu untuk mengerjakan tugas, mencari bahan kuliah, membuat persentasi, sripsi, dll. Saya sendiri mengalami hal seperti itu, tiada hari tanpa memandang indahnya layar laptopku. Wkwkwk..

Sampai suatu saat saya merasa tidak nyaman ketika melihat layar laptop, saya merasa layar laptop saya terlalu terang, sehingga membuat mata saya silau dan mudah lelah, saya merasa setiap kali menatap laptop saya, rasanya tuh seperti kering, kaya kena kipas dalam waktu yang cukup lama. Bukannya ngerjain tugas,, eh malah ngantuk..

Kemudian saya berfikir, harus ada sesuatu yang saya lakukan untuk tetap bisa mengerjakan tugas, tapi mata tidak mudah lelah. Kemudian temen temen tau apa yang saya lakukan?? seperti pada umumnya, saya mengurangi kecerahan layar laptop. pada saat itu saya mengurangi cahaya laptop saya sampai terlihat redup. Dan bagaimana hasilnya? Layar saya lebih redup dan saya merasa lebih tidak nyaman ketika menggunakannya. dan ketika diterangin, sama saja, ngga nyaman, malah tambah sumpek, mau ngerjain, tapi kondisi mata lelah, ahirnya ngantuk, ahirnya tugas ngga selesai. saya dilema pada waktu itu, Di redupin, ngga nyaman, di terangin nambah ngga nyaman, sakit matanya ngeliat cahaya yg terang dari layar laptop.

Adakah yang merasakan hal yang sama?? Kali ini saya ingin berbagi tips untuk temen-temen yang suka menatap indahnya layar laptop, khususnya ketika mengerjakan tugas dan menggunakan software pengolah kata seperti microsoft word.

Kali ini saya tidak ingin membatasi, mau anak sekolah, anak kuliahan, anak yang ngga sekolah, eh maksudnya yang udah kerja gitu... Hehe,,

Saya ingin berbagi sedikit pengalaman saya ini. Bagi yang sering menggunakan Ms. Word atau yang sejenisnya bisa ikuti step-step berikut, kali ini saya menggunakan ms. word 2013 :


1. Ubah warna Ms. Word anda. Sesuaikan dengan kenyamanan anda masing-masing. Di Ms word 2013, terdapat 3 warna diantaranya : white, light grey, dan dark grey. Kalo saya sih lebih cocok pake yang dark grey, karena selain lebih adem di lihat, warna ini juga tidak mencolok kemata, karena tidak terlalu terang. Untuk cara lebih detailnya, bisa klik file pada ms word, kemudian pilih option, pada kolom option cari tulisan color theme, kemudian pilih yang mana yang menurutmu nyaman, kemudian klik OK.

2. Jika masih kurang nyaman, ubah warna background kertas anda menjadi warna yang lebih gelap, sesuaikan dengan kenyamanan anda sendiri. Kalo saya sih pake background white 50% darker. Atau biasanya pake yang 25% gray darker 50%.


Untuk detailnya, yang saya ketahui di Ms. Word 2010 klik page layout, kemudian cari page color, dan pada Ms. 2013, page colornya ada di tab design.

Selama ini, Cuma itu yang saya lakukan untuk merubah tampilan Ms. Word saya agar lebih nyaman ketika kita hadapi selama berjam-jam, apalagi pada kondisi malam yang kondisi mata kita mengantuk tapi terpaksa harus tetap on untuk mengerjakan tugas yang belum selesai.

Nahhh,, kira-kira begitulah sobat bloggers pengalaman saya, hingga ahirnya saya mendapatkan cara untuk bisa lebih bertahan ketika mengerjakan tugas.

Mudah-mudahan pembahasan ini bisa bermanfaat bagi teman-teman pembaca, sekaligus bisa menjadi bahan untuk saling bertukar pikiran. Tentunya ilmu saya sangatlah sedikit, dan yang sudah pasti yang lebih mengetahui mengenai segala hal ialah Allah swt. Semoga kita diberikan ilmu pengetahuan yang  bisa bermanfaaat bagi banyak orang.

Kalau ada kata-kata atau hal-hal yang salah, mohon dimaafkan. Saya senantiasa menuggu kritik yang membangun dari sobat bloggers yang baik hati. Karena umar bin khattab r.a. pun pernah mengatakan “orang yang paling aku sukai adalah dia yang menunjukkan kesalahanku”.


Terimakasih, Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Selamat mencoba J

Warning! Jika step yang dilakukan belum bisa maksimal, dan anda mempunyai saran yang lebih baik, silahkan cantumkan di kolom komentar. Saya berharap kita bisa bertukar ilmu, dan bisa memperbanyak ilmu.

Comments

Popular posts from this blog

Permainan Bola Tangan

Tau ngga sih?? Apa nama alat ukur jarak tempuh pada kendaraan bermotor?

3D Rotational Matrix (Matriks rotasi 3 dimensi) Roll, Pitch, dan Yaw