Skip to main content

Waktu lebih penting daripada uang


Kata-kata ini mengingatkan saya pada slogan “Time is Money” seperti artikel yang pernah saya tulis sebelumnya.

Banyak orang pada masa kini, mengalami yang namanya sesat berfikir, karena tidak bisa menggunakan logika dan penalarannya dalam mengorientasikan tujuan hidupnya. Pada dasarnya, semua orang ingin 'bahagia' toh? Tapi apakah hanya dengan uang saja kita bisa mendapat Kebahagian, atau dengan kegiatan yang berguna setiap waktu tapi kita tersiksa dengan kemiskinan dapat membuat kita Bahagia ??? Pikir dulu deh.... :D  pasti pada milih statemen awal ya kan...?

Waktu lebih penting daripada uang, saya sependapat dengan kalimat tersebut. Lebih esensial waktu, karena dengan waktu kita bisa mencari uang, tapi dengan uang kita tidak bisa mendapatkan waktu.
Tapi bagaimana dengan uang? Kenapa banyak orang rela mengorbankan waktu berharganya demi mendapatkan uang?
Mereka yang berfikir gini nih, uang adalah segalanya. Bagaimanapun caranya, yang terpenting adalah mendapatkan uang. Termasuk membunuh waktu berharga mereka.
Paradigma ini sangat membingungkan, seperti siapa yang lebih dulu, ayam atau telur?. Uang memang penting, tapi uang bukanlah segalanya. Apa gunanya uang yang melimpah jika tidak punya cukup waktu untuk berbagi dengan sesama, dan tidak sempat menggunakannya? Sama saja bohong, untuk apa work oriented, kalau tidak bisa berbagi? Jangankan berbagi, membelanjakannya aja tidak, terlalu sibuk dengan dunia kerja.

Banyak orang berpersepsi bahwa, yang namanya bahagia itu, punya banyak duit, punya kekasih yang ganteng/cantik, punya intelegensi yang tinggi (Pinter). Oke, kita ambil contoh 'Bill Gates'. Dia orang kaya toh? Pinter lagi, Istrinya juga cantik toh? tapi apakah dia bahagia?Pasti Bahagia... Tapi tidak demikian dengan Bill Gates sendiri, bagi dirinya uang sudah tidak lagi menjadi standar kebahagiaan, uang 1 juta dollar saja hanya perlu 4 detik, untuk kembali lagi. Dia malah terbebani dengan banyak nya uang ini. Sampai ia mencaari cara untuk menghabiskan uang unlimited ini, dengan membangun Bill & Melinda Gates Foundation Dimana Bill Gates sendiri sudah meyakini bahwa semakin banyak dia bersedekah (giving) kepada orang lain, maka dia pun akan semakin banyak menerima. Walaupun milyaran US Dollar yang dia sumbangkan untuk beberapa negara miskin dunia, akan tetapi hal tersebut tidak sedikitpun membuat Bill Gates menjadi orang termiskin di negaranya. Dia malah senang bisa berbagi, daripada menyimpan uang-nya.

Baca Juga : Dibalik Sang Waktu

Menurut Imam Syafi’i Rahimullah, “Waktu ibarat pedang. Jika engkau tidak menebasnya maka dialah yang akan menebasmu. Dan jiwamu jika tidak kau sibukkan dengan kebenaran maka dia akan menyibukkanmu dengan kebatilan.”

Analogi itu udah jelas banget. Kalau kita tidak menggunakan waktu dengan baik, maka kita akan melukai diri kita sendiri. Ia akan menyeret kita ke gerbang kesengsaraan. Ia akan merugikan diri kita sendiri. Seperti yang disebutkan dalam Q.S. Al- ‘Asr: 1-3,

“Demi masa. Sesungguhnya manusia benar-benar dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh dan saling menasihati dalam kebenaran serta saling menasihati dalam kesabaran.”

Sangat disayangkan jika orang-orang menganggap bahwa uang dapat menyelesaikan semua masalah di dunia ini. Mereka dibutakan oleh uang. Seharusnya uang hanyalah sebuah alat. Namun mungkin untuk saat ini tidak seperti itu. Merekalah yang diperalat oleh uang. Ironis

Banyak juga orang yang mengatakan bahwa, Time is Money. Tapi menurut saya, waktu bukan hanya sekadar uang. Waktu adalah segalanya.

Baca Juga : Time Is Money

Menurut hadist riwayat At-Tirmidzi, disebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Tidak akan bergeser telapak kaki seorang hamba pada hari Kiamat sampai ia ditanya tentang umurnya untuk apa ia habiskan, masa mudanya untuk apa ia gunakan, hartanya dari mana ia peroleh dan ke mana dibelanjakan, serta ilmunya apa yang diamalkannya.”


Jangan sampai menyesal karena tidak menggunakan waktu kita dengan baik. Waktu itu sebuah nafas. Jadi, buatlah yang berarti. Kita harus mampu mengatur waktu dengan baik. Ingat 5 perkara

CMIIW

Comments

Popular posts from this blog

Permainan Bola Tangan

3D Rotational Matrix (Matriks rotasi 3 dimensi) Roll, Pitch, dan Yaw

Tau ngga sih?? Apa nama alat ukur jarak tempuh pada kendaraan bermotor?