Skip to main content

Tips dan Trik Cepat Bermain Gitar



Assalamu’alaikum.. apa kabar?? Semoga sobat blogger selalu di berikan kesehatan oleh Allah swt.  aamiin.. Kali ini saya mau berbagi nih, tentang trik dan tips agar cepat bermain gitar. Pada pengen bisa main gitar kan?? Atau justru udah pada bisa?? Hehe..
Bermain gitar merupakan hal yang disenangi oleh para remaja, khususnya anak-anak yang baru gede nih, ya bisa disebut abege lahh.. hhe, karena memang masa-masa abege ini masa yang pengennya nyoba-nyoba mulu. Pengen nyoba ini, nyoba itu. Tapi syukurlah, kalo abege itu pengen nyobanya ke arah seni, kearah olahraga, asalkan jangan ke arah yang ngga bener aja.

Selain itu, bermain gitar juga terkadang dijadikan salah satu uji kelulusan pada mata pelajaran SenBud. Pada kelas 10 saya pernah menghadapi ujian semacam ini. Beruntung saya sudah bisa bermain gitar, jadi ga perlu belajar dari awal deh. hehe..

Sebelum berbagi mengenai trik dan tips bermain gitar, alangkah baiknya kalo kita mengenal terlebih dulu bagian-bagian gitar. Klik disini

Mungkin trik dan tipsnya mungkin sobat bloggers sudah pada tau lah ya.. karena memang banyak yang menulis tentang artikel seperti ini. Tapi artikel ini autentik loohh, tips dan trik ini dari pembelajaran yang saya lakukan, mudah”an bisa di fahami dan diterima yaaa. Aamiin..
Trik dan tipsnya adalah

1.     Pelajari terlebih dahulu tangga nada


Karena gitar merupakan alat musik bernada, maka kita perlu memahami tangga nadanya terlebih dahulu. Tangga nada secara umum ada dua macam, ada pentatonis dan diatonis. Namun, yang paling umum digunakan adalah tangga nada diatonis. Untuk pemula, minimal pelajari dulu tangga nada diatonis mayor. Yang ituloh,, yang do re mi fa sol la si do.

Yang paling penting dari mempelajari ini adalah jarak antar nadanya, misalkan jarak dari b ke c adalah 1/2 nada, jarak dari c ke d adalah 1 nada, dan seterusnya.




Setelah kita menguasai tangga nada, saya jamin deh, bakalan gampang untuk mengembangkan teknik bermain gitarnya.

2.     Pelajari dulu senar-senarnya


Memelajari senar, sepertinya merupakan hal yang tidak penting bagi pemula. Tapi tahukah anda, jika kita tidak memelajari senar, maka kita tidak akan mempunyai nada-nada yang sinkron ketika memainkan chord, (istilah kerennya ngga nyetem). Maka dari itulah kita perlu memelajari terlebih dahulu senar-senarnya.

Untuk melakukan penyetememan, anda bisa menggunakan aplikasi pitch (penyetem) yang tersedia di hape android. atau kalo anda tidak menggunakan hape android, bisa menggunakan nada yang ada di keyboard.

Senar gitar pada umumnya terdiri dari 6 senar. Senar 1-6 diawali dari bawah, senar 1-E, senar 2-B, Senar 3-G, Senar 4-D, senar 5-A, senar 6-E.



3.     Pelajari fret-fretnya




Jumlah fret pada gitar bermacam-macam, tergantung dari gitar itu sendiri. Yang paling penting pada bagian ini adalah kita paham bahwa setiap fret 1 ke fret berikutnya itu mempunyai selisih ½ nada. Kalo loncat 1 fret?? Kalo loncat 2 fret?? Loncat 3 fret?? Ya berarti tinggal dikalkulasiin aja. Disinilah fungsi kita memelajari tangga nada.

4.     Pelajari chordnya


Setelah semua proses di atas dilalui, baru deh pelajari chord-chordnya. Kalo chord-chordnya sih banyak di google juga, semua pasti sama kok chordnya. Kenapa demikian?? Karena aturan senarnya pun sama (senar 1-E, senar 2-B, Senar 3-G, Senar 4-D, senar 5-A, senar 6-E).

Sebetulnya bisa saja kita gausah nyetem senarnya juga, asalkan kita paham nada-nada penyusun suatu chord. Tapi rebet kan?? Ya makanya kita pelajari dulu senar-senarnya, sehingga kalo ga nyetem, bisa kita setem terlebih dahulu. Toh kita udah tahu nada-nada penyusun senarnya kan??


Hal-hal  penting dalam menekan chord-chord adalah :

-         Gunakan permukaan jari dekat kuku
-    Jangan sampai senar yang lain mati atau tak bernada karena kesentuh oleh jari kita
-         Ibu jari menyesuaikan posisi jari lain yang membetnuk chord
-      Pastikan kuku tidak panjang, hal ini sangat berpengaruh walaupun terlihat sepele.

5.     Banyak latihan

Latihan bermain gitar, enaknya sih belajar chordnya sambil pake lagu. Itu terbuklti efektif, karena otak kanan dan otak kiri sinkron. Otak kanan mengingat lagu, otak kiri memerintahkan jari agar membentuk chord yang benar. Walaupun pas pertama main, pasti lama pas mau pindah chord.  Ya wajarlah,, namanya juga baru belajar. Tentunya, lebih sering, lebih terbiasa. Makin sering, makin terbiasa. kalo sudah terbiasa, ya pasti cepet bisa.

Kalo pemula sih biasanya pake chord yang sudah ada aja di internet atau di buku-buku musik. tapi s\jangan sampe keseringan, apalagi ketergantungan. Usahakan mengulik lagu sendiri, tanpa melihat chord aslinya. Hal ini bertujuan untuk melatih kepekaan kita terhadap nada. Gunakan feelingmu!

6.     Sabar


Main gitar juga harus sabar. Sabar, kalo jarinya sakit gara-gara neken senar. Sabar, kalo lama bisanya. Sabar, kalo temen ada yang bisa duluan. Sabar, kalo lagi belajar gitar disuruh orang tua.

Kalo sabar terus kapan bisanya?? Ya sabar aja, nanti juga lama-lama bisa. Ingat innallaha ma’asshabiriin. J

Mudah-mudahan pembahasan ini bisa bermanfaat bagi teman-teman pembaca, sekaligus bisa menjadi bahan untuk saling bertukar pikiran. Tentunya ilmu saya sangatlah sedikit, dan yang sudah pasti yang lebih mengetahui mengenai segala hal ialah Allah swt. Semoga kita diberikan ilmu pengetahuan yang  bisa bermanfaaat bagi banyak orang.

Kalau ada kata-kata atau hal-hal yang salah, mohon dimaafkan. Saya senantiasa menuggu kritik yang membangun dari sobat bloggers yang baik hati. Karena umar bin khattab r.a. pun pernah mengatakan “orang yang paling aku sukai adalah dia yang menunjukkan kesalahanku”.


Terimakasih, Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Selamat berlatih J



Comments

Popular posts from this blog

Permainan Bola Tangan

Tau ngga sih?? Apa nama alat ukur jarak tempuh pada kendaraan bermotor?

3D Rotational Matrix (Matriks rotasi 3 dimensi) Roll, Pitch, dan Yaw