Skip to main content

Begah setelah makan banyak?? Ini sebabnya

                Makan merupakan kebutuhan setiap makhluk hidup. selain itu, makan juga merupakan aktivitas rutin yang kita lakukan setiap hari. Di Indonesia, makan biasa dilakukan 3 kali dalam sehari, yakni pagi, siang, dan malam. Namun bagi sebagian orang, makan malam bukanlah lagi aktivitas rutinnya, mereka mengganti waktu makan malamnya di waktu sore, dengan alasan takut gemuk, tidak sehat, dll. Adapula yang makan hanya 2 kali sehari, sarapan, dan makan siang. Sedangkan malamnya, mereka lebih memilih untuk mengonsumsi makanan berserat dan sedikit karbohidrat. Orang seperti ini biasanya orang yang ingin menjaga agar tubuhnya tetap langsing, atau orang yang sedang melakukan diet.
Makan bisa membuat tubuh kita kembali berenergi setelah sebelumnya energi kita terpakai untuk bekerja, atau melakukan aktivitas fisik lainnya. Aktivitas fisik yang berat, membutuhkan banyak energi. Energi yang banyak diperoleh dari nutrisi yang banyak pula. Hal ini berlaku untuk sebaliknya, energi yang sedikit, hanya memerlukan nutrisi yang sedikit. Orang kantoran dan buruh lapangan, berbeda pekerjaannya. Yang satu di kantor, duduk manis sambil menghadap komputer, yang satu lagi harus panas-panasan dan melakukan kerja yang sudah tentu lebih berat dari pada yang di kantor. Beda jenis pekerjaan, beda pula energi yang dibutuhkan. Beda energi yang dibutuhkan, beda pula kebutuhan asupan nutrisinya. Pernah liat ngga buruh lapangan makannya sebanyak apa?? Pernah liat ga orang kantoran porsi makannya seberapa?? Bayangin deh,, pasti berbeda dong porsi makannya?? Kalau orang kantoran, mungkin satu piring saja sudah cukup. Lah, kalau buruh lapangan, mungkin 2 piring juga masih minta tambah. (tapi ngga menutup kemungkinan yah, kalo orang kantoran juga gitu.. hhe)

Terkadang, orang kantoran ataupun buruh lapangan ketika menyantap makanan, tidak memetakan dan mengukur seberapa besar porsi makanan yang harus mereka makan, apalagi ketika berhadapan dengan makanan yang mereka sukai. Sehingga mereka cenderung makan dengan porsi yang banyak. Hal ini tentu menimbulkan efek yang kurang baik bagi kesehatan. Itulah yang menyebabkan banyak dari kita yang merasakan efek begah setiap sehabis makan, termasuk saya hhe.

         Menurut yang sudah saya pelajari dari beberapa artikel dan video-video di yousupe, begah di perut setelah makan disebabkan oleh peningkatan kadar gas dalam lambung. Mekanismenya berdasarkan kerja lambung dalam mencerna makanan.

          Untuk mencerna makanan, lambung mengeluarkan asam klorida dan beberapa enzim yang dihasilkan oleh lambung. Ketika makanan dicerna, asam dan enzim yang bereaksi tadi, menghasilkan gas. Maka dari itulah, ketika selesai makan, terkadang kita melakukan sendawa.

Lalu, apa hubungannya makan banyak dengan begah?? Ketika kita makan makanan dengan jumlah banyak, tentunya si asam yang dihasilkan oleh lambung pun jumlahnya menyesuaikan. Artinya, ketika makanan yang masuk ke dalam lambung itu banyak, maka produksi asamnya pun akan semakin banyak. Tetapi, asam lambung ini akan terus memproduksi asam, walaupun perut kita sedang tidak ada isinya. Itulah sebabnya kita kadang merasa perih ketika sedang  merasa kelaparan.

Nah,, kembali ke pembahasan awal. Setelah makanan tersebut (makanan dengan jumlah banyak) dicerna, gas yang dihasilkan pun jumlahnya banyak dan menyembul ke permukaan perut. Hal inilah yang menyebabkan kita merasa begah ketika kita setelah makan banyak.

Selain mengonsumsi banyak makanan, mengonsumsi soda bisa lebih banyak menghasilkan gas dan membuat kita begah. Loh,, kok bisa?? Ya, sebab dalam minuman bersoda, terdapat senyawa gas karbon dioksida (CO2). Gas CO2 itu pula yang menyebabkan kita mudah bersendawa sesaat setelah minum minuman bersoda.

Nah itulah ulasan saya mengenai alasan kita mengalami begah setelah makan dalam jumlah yang banyak. Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi teman-teman pembaca, sekaligus bisa menjadi bahan untuk saling bertukar pikiran. Tentunya ilmu saya sangatlah sedikit, dan yang sudah pasti yang lebih mengetahui mengenai segala hal ialah Allah swt. Semoga kita diberikan ilmu pengetahuan yang  bisa bermanfaaat bagi banyak orang.

Kalau ada kata-kata atau hal-hal yang salah, mohon dimaafkan. Saya senantiasa menuggu kritik yang membangun dari teman-teman pembaca. Karena umar bin khattab pun pernah mengatakan “orang yang paling aku sukai adalah dia yang menunjukkan kesalahanku”.


Terimakasih, Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Comments

Popular posts from this blog

Permainan Bola Tangan

Tau ngga sih?? Apa nama alat ukur jarak tempuh pada kendaraan bermotor?

3D Rotational Matrix (Matriks rotasi 3 dimensi) Roll, Pitch, dan Yaw