Skip to main content

Pengertian Alat Ukur Listrik

Multimeter
      Assalamuaikum, Hai hai, libur posting telah usai, mari kita bahas tentang alat ukur listrik. Sebelum terlalu jauh kita harus tahu Apa itu alat ukur? Simplenya Alat yang digunakan untuk mengukur. Menurut wikipedia alat ukur adalah alat yang digunakan untuk mengukur benda atau kejadian tersebut. Lalu, Apa itu alat ukur listrik? alat untuk mengukur listrik ~ selesai.... hihihi  ( :
      Alat ukur listrik adalah suatu peralatan/instrumen yang digunakan untuk menentukan besaran-besaran listrik dengan kaidah kaidah tertentu. Besaran-besaran listrik tersebut diantaranya adalah besaran arus, tegangan, tahanan, impedansi, frekuensi, daya listrik, kuat cahaya, faktor kerja dan lain lain.

     Masalahnya besaran-besaran ini tidak dapat kita tanggapi secara langsung dengan panca indera kita. Terus bagaimana caranya? Untuk memungkinkan pelaksanaan pengukuran terhadap besaran listrik tersebut, harus ditransformasikan dulu melalui suatu gejala fisis yang dapat memungkinkan pengamatan melalui panca indera kita, misalnya besaran kuat arus listrik dikonversikan melalui suatu gejala fisis kedalam besaran mekanis.

      Perubahan tersebut dapat merupakan suatu putaran melalui suatu poros tertentu. Besar sudut putaran tersebut berhubungan langsung dengan besaran arus listrik yang akan kita amati, sehingga dengan demikian pengukuran tadi dikembalikan menjadi pengukuran terhadap suatu perputaran dan besaran sudut adalah menjadi ukuran besaran listrik yang akan kita ukur.

Sumber
http://id.wikipedia.org/wiki/Alat_ukur
Rohaeti,Imas.2014."Pengukuran Listrik".Cilegon

Comments

Popular posts from this blog

Permainan Bola Tangan

Tau ngga sih?? Apa nama alat ukur jarak tempuh pada kendaraan bermotor?

Tahukah anda tentang zone koroko no baske itu nyata??