Skip to main content

Tahukah anda tentang zone koroko no baske itu nyata??

Hallo,  semuanya, kenalin gua admin baru dari blog ini, Nama gua ruri mauliddaya. Jangan ketipu sama nama gue yah, gue itu cowo  bukan cewe, hal ini gua tegasin karena  dari setiap pengalaman yang ada hampir semua orang yang baru mengenal gue dari nama doang itu nyangka gue cewe, hadeh -_- banget deh bahkan di kampus saat pertama kali absen gue dianggap sebagai cewe saat absen dan gue pun dapet almamater cewe gara gara itu. Baik fokus kepada inti pembicaraan yaitu pembicaraan tentang zone.
 
Mungkin bagi penggemar anime kuroko no basuke atau baby step pasti tahu tentang zone ini. Di anime kuroko zone sering digambarkan dengan karakter anime yang matanya mengeluarkan cahaya dan bisa mengeluarkan 100% kemampuannya karena fokusnya terhadap suatu permainan basket. Ternyata zone ini sebelumnya memang diangkat dari realitas kisah nyata dan sudah banyak peneliti yang melakukan penelitian tentang ini, di dalam olahraga hal ini memang dinamakan sebagai zone akan tetapi dalam aktifitas lainnya hal ini dinamakan sebagai flow (neurobiologi keunggulan).berdasarkan buku, “emotional intelligence”, yang di tulis oleh Daniel Goleman pada saat seseorang memasuki flow maka ia akan melakukan segalanya jauh lebih baik dan melebihi kemampuannya,”ketika  berada dalam zone seseorang masuk kedalam keadaan ekstase sampai di suatu titik dimana anda merasa seolah olah hampir tidak nyata. Gubahan itu seolah olah mengalir dengan sendirinya”, di kutip dari buku ,”emotional intelligence’pengalaman daniel goleman ketika memasuki zone/flow’”, .




Ketika orang masuk kedalam zone/flow berarti seseorang tersebut masuk kedalam kecerdasan emosi tingkat tinggi. Kalo ada orang yang belum tahu tentang kecerdasan emosi gua kasih tahu nih,. Kecerdasan emosi adalah kecerdasan dimana lo bisa mengubah,menghadirkan dan mengontrol emosi lo secara utuh yang mana jika lo punya kecerdasan emosi maka lo pastinya bakal punya motivasi diri yang kuat,gak patah semangat dan lo bakal usaha habis habisan meskipun lo terpuruk, makanya gak heran kalo dalam anime kuroko sosok seorang kagami dia memiliki semangat yang tinggi dalam bertempur bersama rekan 1 timnya karena memang itulah yang dibutuhkan untuk masuk kedalam zone,. Kecerdasan emosi ini sangat penting, karena emosi merupakan salah satu hal yang sering ngebawa lo semua kepada hal hal yang luar biasa!!!  dan seakan akan waktu berjalan cepat, contoh sederhananya sih, ada siswa yang namanya kevin yang mana dia berantem sama si ryan, padahal saat berantem tuh orang sampe bonyok habis habisan, maklum karena kevin anak taekwondo ekeke(fokus lagi men), Tapi ternyata pas gua tanya secara langsung si kevin tentang mukanya., “vin muka lo bonyok noh ,,!! ” lalu si kevin pun megang mukanya dan ia bilang ,“iyah, yah bonyok, tadi perasaan gak sakit kok sekarang sakit yah”, nah dari hal itu lo sendiri pernah ngalamin kan?? pada saat berantem lo gak ngerasa sakit, atau bahkan pada saat lo kecelakaan lo gak ngerasa sakit sama sekali akan tetapi setelah dikasih tahu baru deh ngerasa sakit. Kenapa hal ini terjadi? Karena ketika lo emosi syaraf yang ada baik itu penglihatan,pendengaran,penciuman, peraba dan pengecap  akan langsung mengantarkan rangsangan/impuls yang telah lo terima langsung ke otak lo dan otak lo akan langsung bertindak tanpa langsung dipikir/memperdulikan badan lo sendiri sehingga lo gak ngerasa sakit deh, berdasarkan penelitiannya om Goleman sih..., hal ini terjadi karena memang dalam tubuh manusia telah diseting sedemikian rupa ketika emosi agar manusia dapat mempertahankan hidupnya contoh:  pada saat ada kebakaran di suatu rumah lantai 2 dan ternyata ada orang yang tertinggal dilantai 2 tersebut saat kebakaran yaitu sebut saja febri, ternyata si febri ini melihat keadaan dilantai 1 yang mana sudah penuh oleh api yang berkobar kobar hingga akhirnya si febri  takut dan karena saking takutnya febri terhadap api yang berkobar tersebut, karena bisa merenggut nyawanya akhirnya febri melompat dari lantai 2 sehingga dia hanya mengalami patah tulang akan tetapi ia masih selamat. coba bayangkan jika febri tidak memiliki emosi sama sekali sehingga ia tidak merasakan takut mungkin ia akan berfikir dua kali untuk meloncat dan bisa saja karena terlalu lama berfikir akhirnya seluruh rumah sudah terbakar terlebih dahulu dan febri kerobohan atap yang terbakar!! dan mati!! .

Nah, dari hal itu untuk bisa menguasai zone atau flow neurobiologi ini minimal lo harus bisa mengendalikan diri dan emosi lo terlebih dahulu, tapi tak bisa dipungkiri sih namannya saja flow neurobiologi yang pastinya untuk suatu pekerjaan tertentu agar bisa masuk kedalam zone/flow ini pastinya membutuhkan bakat, tapi jangan khawatir semua itu ada jalan tengahnya ekekeke, nah kalo penasaran gimana caranya agar bisa masuk zone secara kaffah dan cara masuknya pantengin terus nih blog dan insyallah minggu depan bakal gua upload caranya hehe

(refrensi sumber buku/web , daniel goleman emotional intelligence,wikipedia kecerdasan emosi,)

Comments

  1. I use Blogger from google for this blog. The design its pretty basic because Blogger provide this theme/design.

    ReplyDelete
  2. It is such a great resource that you are providing for free. Here's an article on the topic generate fake screenshot. Here is a quick and easy way to create a customized screenshot. Use it to prank your friends.

    ReplyDelete
  3. The information in your article is excellent, and I appreciate you sharing it. A device checker is a program or tool that examines and validates a device's hardware and software setup, such as that of a computer or mobile phone. Click here for additional details phone vibration test.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Permainan Bola Tangan

Tau ngga sih?? Apa nama alat ukur jarak tempuh pada kendaraan bermotor?

3D Rotational Matrix (Matriks rotasi 3 dimensi) Roll, Pitch, dan Yaw