Skip to main content

Sejarah Singkat, Teknik Pukulan Dalam Tenis Meja dan Teknik Memegang Bet

Assalamualaikum.. mau posting tugas penjas nih, moga aja bisa bantu kalian yang tugasnya sama hihi

Sejarah Singkat
Sejarah tenis meja sendiri berawal di Inggris, dimulai sebagai hobi sosial di Inggris yang mencuat akhir 1800-an. Meja makan dan bola yang terbuat dari gabus menjadi perangkat pertama yang digunakan. Boleh jadi mereka menyebut permainan itu sebagai gossima, flim-flam, atau ping pong. Ketika abad berganti, permainan itu pun mengalami sejumlah perubahan di Inggris. Belakangan, ada yang memperkenalkan bola seluloid pada permainan itu, sedangkan yang lain menambahkan karet pada bet yang terbuat dari kayu. Tenis meja juga populer di Amerika Serikat (AS) sekitar 1900-an.

Sayang, permainan ini mulai kehilangan popularitas. Tapi secara bersamaan muncul satu gerakan simultan yang dimulai dari sejumlah kawasan di dunia berupaya menghidupkan kembali ping pong sebagai olahraga serius pada 1922. Hasilnya, terbentuklah Internatinalle de Table Tenis Federation (ITTF) yang terdiri atas 140 negara anggota pada 1926. ITTF juga menjadi sponsor individu dan tim yang bermain di kejuaraan dunia yang diselenggarakan dua tahun sekali.

Macam Macam Teknik Pukulan
1.       Push
Push Merupakan teknik memukul bola (pingpong) dengan gerakan mendorng dan sikap bet terbuka, biasanya digunakan untuk mengembalikan pukulan pukulan push itu sendiri dan pukulan chop dari lawan. Pukulan push ada dua macam yaitu forehand push dan backhand push.
2.       Drive
Teknik pukulan yang dilakukan dengan gerakan bet dari bawah serong ke atas dan sikap bet tertutup. Drive dapat digunakan sebagai pukulan serangan dan dapat kita kontrol sesuai dengan keinginan. Pukulan drive ada dua macam yaitu forehand drive dan backhand drive.
3.       Chop
Teknik memukul bola dengan gerakan seperti menebang pohon dengan kapak. Pukulan ini digunakan untuk mengembalikan pukulan bola yang bermacam macam.Pukulan chop ada dua macam yaitu forehand push dan backhand push
4.       Blok
Teknik memukul bola dengan gerakan menghentikan dalam sikap bet yang tertutup. Blok biasanya digunakan untuk mengembalikan bola bola drive atau bola dengan putaran atas (top sprin)
5.       Service
Teknik memukul bola untuk menyajikan bola pertama ke dalam permainan dengan cara memantulkan terlebih dahulu bola ke meja service kemudian bola harus melewati atas net dan akhirnya memantul di meja lawan.
6.       Spin
Teknik pukulan ini dilakukan dengan cara bola dipukul agar bola memutar
7.       Lob
Teknik memukul bola lambung
8.       Smash
Tekinik pukulan bola yang dilakukan secara keras dan tajam.

Teknik Memegang Bet
a.    Shakehands grip
Shakehands artinya “berjabat tangan”. Kemudian pegangan shakehands grip adalah dengan grip ini seorang pemain dapat melakukan forehand stroke dan backhand stroke tanpa merubah grip (pegangan), pegangan ini paling baik untuk brmain baik jauh dari meja. Cara memegangnya adalah :
(1) Bidang bet bersandar pada lekuk antara ibu jari dan jari telunjuk, 
(2) Kuku ibu jari tegak lurus dengan permukaan bet 
(3) Jari telunjuk berada dibawah permukaan bet
(4) Untuk memperkuat pukulan forehand putar bagian atas bet kearah anda. 
(5) Untuk memperkuat pukulan backhand, putar bagian aras bet menjauh dari anda, seperti cara berjabat tangan.
b.     Penholder Grip
Penhold artinya “memegag pena”. Cara memegang bet ini adalah seperti memegang pena. Style ini lebih populer di Asia. Dengan grip ini hanya mempergunakan salah satu sisi dari bet. Kelebiahannya antara lain sangat baik untuk pukulan forehand, pukulan backhand yang cepat, mudah menggunakan pergelangan tangan pada setiap pukulan khususnya saat melakukan servis. Cara memegang bet dengan gaya penhold grip adalah : 
(1) Pegang bet mengarah kebawah dengan pegangan mengarah keatas ,pegang bet tepat dimana pegangan menyatu dengan bidang bet dengan menggunakan ibu jari dan jari telunjuk ( cara ini sama dengan cara memegang pena). 
(2) Tekukan tiga jari yang lainnya pada sisi bet yang lain, (penhold grip gaya Cina) atau meluruskannya mengarah kebagian bawah bet dengan jari yang dirapatkan, (penhold grip gaya Korea).    
c.     Seemiler Grip
Seemiller Grip yang juga dikenak dengan American Grip. Kelebihannya antara lain memberiakan kesempatan pada pemain untuk melakuka blok yang baik. Adapun cara memegang bet adalah sebagai berikut: 
(1) Pegang bet dengan shakehands Grip. 
(2) Putar bagian atas bet dari 20 menjadi 90 derajat kea rah tubuh, 
(3) Lekukan jari telunjuk disepanjang sisi bet.

Terimakasih, semoga membantu ya Wassalamualaikum

Comments

  1. Udah beli laptop? wkwk ngepost tugas. Jangan lupa pake label bro

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Permainan Bola Tangan

Tau ngga sih?? Apa nama alat ukur jarak tempuh pada kendaraan bermotor?

Tahukah anda tentang zone koroko no baske itu nyata??